Profil

Profil Pesantren Tahfidz Irhamna Bil-Qur’an

  1. PENDAHULUAN

Adalah merupakan sebuah keharusan bahwa sebagai manusia yang diberikan kemampuan untuk menaiki jalan mendaki (faqurraqabah) dan sebagai bentuk kesadaran membangun peradaban masyarakat yang berbudaya. Oleh karena itu segala upaya yang mengarah kepada lahirnya gerakan yang turut membantu terciptanya suasana hidup yang harmonis, dinamis dan kreatif hendaknya mendapat dukungan bersama.

Kehadiran Pondok Pesantren Tahfidz Irhamna Bil-Qur’an didasari oleh kepedulian dan rasa tanggungjawab moral serta intelektual terhadap proses pengembangan sumberdaya insani yang sesungguhnya menjadi kekuatan utama pemberdayaan masyarakat yang beradab, berkeadilan dan memiliki daya saing tinggi di era global.

Pondok Pesantren Tahfidz Irhamna Bil-Qur’an adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang memfokuskan pada bidang Pendidikan Tahfidzul Qur’an, Tahfidzul Hadits, Kitab-kitab kuning (klasik), Pelatihan-Pelatihan, Pemberdayaan Ekonomi dan Layanan Masyarakat. Lembaga ini merupakan wadah kegiatan sosial keagamaan yang populis dan terbuka untuk bekerjasama dengan lintas organisasi dengan sikap yang jelas.

Bidang pendidikan dan pelatihan yang menjadi ruang lingkup kerjanya lebih terfokus pada pendidikan alternatif, progresif dan solutif sebagai salah satu bentuk mengisi kekosongan produk pendidikan yang tengah berlangsung dimasyarakat.

II.   VISI PESANTREN TAHFIDZ IRHAMNA BIL-QUR’AN

Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan serta pengembangan sumber daya Insani yang dipercaya untuk mendidik dan menghasilkan Insan Indonesia dewasa yang memiliki karakteristik yang khas. Menghafal, menguasai dan memahami Al-Qur’an, hadits, kitab-kitab klasik, berakhlaq mulia, cerdas, dan mandiri.

III.   MISI PESANTREN TAHFIDZ IRHAMNA BIL-QUR’AN

Untuk mewujudkan visi diatas, misi yang diemban oleh Irhamna Bil-Qur’an adalah sebagai berikut :

  1. Mempersiapkan generasi masa depan yang berwawasan Al-Qur’an. Berpegang kepada Sunnah dan menguasai sepenuhnya khazanah ilmu-ilmu Kitab kuning (klasik)
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang ilmunya masing-masing, memiliki jiwa kewirausahaan dalam menghadapi perubahan masa depan tanpa kehilangan jati diri sebagai Insan yang berakhlaq luhur.
  3. Irhamna Bil-Qur’an juga mengemban misi untuk mengembangkan kemampuan dan profesionalisme staff agar siap menjadi pelayanan umat.

IV. TUJUAN

Irhamna Bil-Qur’an bertujuan :

  1. Menghasilkan generasi muda Islam yang mempunyai kemampuan menghafal Al-qur’an dengan mutqin.
  2. Kemampuan memahami Al-Qur’an, baik secara tekstual maupun kontekstual.
  3. Kemampuan menghafal dan memahami hadits
  4. Kemampuan membaca, mengartikan dan menguasai khazanah ilmu-ilmu Islam yang terkandung dalam kitab-kitab kuning (klasik)
  5. Menumbuhkan, memelihara dan membina iklim komunikasi antar perorangan, kelompok, institusi dan atau organisasi dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan beradab.
  6. Memberikan layanan kepada masyarakat dalam bentuk pembinaan mental, konsultasi agama Islam dan praktek-praktek ibadah.
  7. Menumbuhkan, mengembangkan dan memelihara potensi ekonomi ummat.

V. RUANG LINGKUP KEGIATAN

Konsep dasar dan ruang lingkup kegiatan yang akan dikembangkan Irhamna Bil-Qur’an lebih bermuara pada upaya pembangunan kepribadian, pengembangan potensi diri, pencerahan akhlak, membina iklim komunikasi, pelayanan kepada masyarakat dan penguatan terhadap sektor potensi ekonomi ummat dengan menggunakan moralitas keagamaan yang lebih kreatif, dinamis dan bermakna.yang semuanya di bangun di atas fondasi Qur’an, Sunnah dan Kitab

Program-program yang akan dikembangkan dikelompokkan menjadi beberapa bidang yang antara lain terdiri dari :

Pendidikan Tahfidzul Qur’an

  1. Program tahfidz Qur’an 6 bulan. Program ini merupakan program percepatan menghafal Qur’an yang diperuntukan bagi seluruh muslimin-muslimat yang ingin menghafal qur’an dalam waktu yang sangat cepat.
  2. Program Tahfidz satu tahun. Program ini kami siapkan untuk pemuda-pemudi muslim setelah lulus sekolah menengah atas. Aliyah/SMA/SMK sederajat. Di harapkan sebelum melanjutkan studi ke universitas dalam waktu satu tahun sudah mampu menghafal 30 juz al-Qur’an.
  3. Program Tahfidz Tiga Tahun. Program ini kami hadirkan bagi adik-adik yang ada di jenjang pendidikan menengah pertama dan sekolah menengah atas. SMP/TSANAWIYAH/ALIYAH/SMA sederajat. Targetnya adalah setelah lulus sekolah SMP/TSANAWIYAH/ALIYAH/SMA. Mereka sudah menguasai hafal 30 juz Al-Qur’an. Sekaligus sebagai satu syarat muthlaq kelulusan sekolah dan pengambilan ijasah.
  4. Program Tahfidz enam tahun. Program ini di design bagi anak-anak usia sekolah dasar (SD/MI). Insya allah selepas lulus sekolah dasar, adik-adik soleh-solehah ini sudah mampu menyelsaikan hafalan 30 juz Al-Qur’an dengan mutqin.

Pendidikan Tahfidz Hadits

Program menghafal 1000 Hadits dalam waktu 6 bulan

Pendidikan Membaca Kitab kuning (klasik)

Program cepat membaca kitab 6 bulan

Pendidikan menghafal nadzhom alfiyah

Program percepatan menghafal 1002 bait Nadzom Alfiyah ibnu malik

Pelatihan Da’wah Islamiah

Short Course-Short Course

Pemberdayaan Ekonomi dan Layanan Masyarakat

VI. KONSENTRASI PROGRAM KEGIATAN

  1. Bidang da’wah dan layanan masyarakat yang menjadi fokus hal, yaitu :
    1. Pendidikan Tahfidzul Qur’an
    2. Tahsinul Qiraah
    3. Pendidikan Tahfidz Hadits
    4. Pendidikan penguasaan Kitab-Kitab kuning (Klasik)
    5. Pendidikan penguasaan alfiyah ibnu malik
    6. Pelatihan Da’i dan Khotib
    7. Konsultasi keagamaan keluarga dan remaja
    8. Study Islam Aplikatif
  2. Bidang Pelatihan dan Short Course-Short Course
    1. Informatika Komputer
    2. Bimbel dan Taman Pendidikan Al-Qur’an
    3. Bahasa (bahasa Arab dan bahasa Inggris)
    4. Metode Belajar Efektif (Quantum Study)
    5. Pelatihan Kewirausahaan dan Pengembangan Diri
    6. Pelatihan Kepemimpinan dan Keorganisasian
    7. Achivement Motivation Training (AMT)
    8. Leadership For Student (LFS)
  3. Bidang ekonomi merupakan bidang yang berorientasi pada upaya pemberdayaan ekonomi ummat, seperti :
    1. Membuka Lembaga Inkubasi dan Keuangan Mikro
    2. Membuka usaha sektor riil
    3. Pendampingan Usaha

 

V11. PENUTUP

Nasrun Minallah Wa Fathun Qorib Wabassyiril Mu’minin