Silka, Gadis Yatim Asal Kota Cilegon, 6 Bulan Hafal Alquran

Silka, Gadis Yatim Asal Kota Cilegon, 6 Bulan Hafal Alquran

KETIKA pertama datang ke Pondok Pesantren Irhamna Bil Quran Mandalawangi Pandeglang, gadis manis ini tak diantar ayahnya. Ia datang bersama paman dan ibunya.

Silka Mafazatun Ni’mah, demikian nama gadis kelahiran Kota Cilegon, 29 Juli 2005. Silka merupakan salah seorang yatim super cerdas di Pesantren Irhamna Bil Quran. Tak hanya cerdas, ia juga dikenal santri yang rain belajar. Semua pelajaran dari ustaz dan ustazah, dilahapnya dengan semangat.

Bahkan ketika diberi tanggungjawab menghafal Alquran, firman Allah berisi 6666 ayat itu mampu dihafalnya hanya dalam waktu enam bulan. Waktu yang sangat singkat.

Anak pertama dari tiga bersaudara itu bukan tak menemui hambatan. Justru Silka adalah salah seorang santri yang paling banyak diterpa masalah. Setidaknya, setelah menyandang status yatim, hari-hari Silka penuh dengan kesepian.

Ayahnya, Nurdin, meninggal sejak Silka belum mesantren di Irhamna Bil Quran. Saat itu, Silka dan ibunya kebingungan, ke mana Silka akan disekolahkan. Apalagi sang ibu, Afidah, hanya ibu rumah tangga biasa yang tidak memiliki penghasilan tetap sebagai ibu sekalgus kepala rumah tangga.

Remaja asal Kampung Kapu Denok Kelurahan Kepuh Denok, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon beruntung memiliki paman yang perhatian. Sang paman lah yang mengarahkan Silka masuk ke Pesantren Irhamna Bil Quran.

Bagaimana Silka bisa menghafal Alquran hanya dalam waktu enam bulan? Menurut Silka, semua kemudahan itu tidak datang dengan mudah.

Ia harus melaluinya dengan banyak tantangan dan kepedihan. Selain tidak henti-henti mengulang bacaan, ia juga membantunya dengan puasa Daud dan doa.

“Seluruh santri di Pondok Pesantren Irhamna Bil Quran rajin puasa Daud. Setahu saya, tidak seorang pun santri di pesantren ini yang tidak mendawamkan puasa Daud,” kata Silka.

Silka punya metode khusus supaya mudah menghafal dan kuat diingat. Pertama, membaca berulang-ulang ayat yang akan dihafal. Langkah kedua, membaca berulang-ulang beserta artinya ayat yang akan dihafal.

“Setelah lancar dalam ingatan, barulah dihafal,” katanya.

Dengan cara menghafal seperti itu, Silka merasa dimudahkan menghafal Alquran sekaligus mengetahui arti yang terkandung dalam ayat tersebut.

“Cara saya menghafal, pertama membaca 3 hingga 10 kali berulang. Kalau sudah agak lengket di lidah, mulai dihafal,” kata Silka.

Bagi Silka, keberadaan seorang ayah sangat berarti. Itu sebabnya, ketika wisuda tahfid lalu, air matanya terus membanjiri pipi. Silka tak kuasa menahan sedih, sebab teman lain didampingi ayah dan ibu, sementara dirinya hanya didampingi ibu.

“Semoga hafalan saya bisa menolong kedua orang tua saya untuk masuk surga bersama saya dan keluarga,” katanya. Air mata gadis ini pun menetes. (tim)***

 



Sekolah Tahfidz Irhamna Bil - Qur'an

QUALITY ASSURANCE (Jaminan Kualitas)

#Hafal al-qur’an 30 juz dalam waktu super cepat (untuk level tinggi bisa hafal qur’an hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan)

#Menguasai cara menghafal cepat model file halaman pojok metode IRHAMNA (sesuai level)

#Hafal dan faham kaidah nahwu dasar metode amstilaty #Sholat Dengan Kesadaran #Berbakti Pada Orang Tua

#Prilaku Sosial Baik

#Kemampuan Komunikasi Baik

#Mampu menjadi guru teman sebaya (peer teaching)

#Disiplin

#Percaya Diri

#Nilai 6 Bidang Studi Tuntas dengan prestasi optimal

#Tartil Baca Al Quran

#Memiliki Kemampuan Untuk memimpin (leadership)

Continue Reading...

metode irhamna : menghafal semudah membalikan tangan

Continue Reading...

DAHSYAT !!! 4 BULAN HAFAL QUR'AN PLUS MUROJAAH

PESERTA PROGRAM SUPER DAHSYAT MAMPU MENYELESAIKAN HAFALAN 30 JUZ PLUS MUROJAAH HANYA DALAM WAKTU 4 BULAN SAJA. BAGAIMANA KISAHNYA?

Continue Reading...